08 November 2010

SMS Tipeng-Tipengan






Bulan Oktober yang Lalu gue sempet dapet beberapa sms yang bermodus penipuan dan ternyata emang lagi marak-maraknya dengan modus terbaru seperti itu. Kalo dulu kan sms Nipengnya dengan modus yang beriming-iming menang undian berhadiah. Mungkin karena masyarakat sudah jenuh dan lebih waspada dengan modus sms seperti ini. Maka format penipuannya pun kini berbeda.





*SMS PERTAMA ( gue terima pas lagi ada di tempat kerja ) :

Dari : +6285214884056

Beliin dulu mama pulsa 50 rb dinomer ini yaa sekarang 081314950995 cepet ya soalx mama ada masalah penting mama sekarang ada dikantor polisi.


"Wahh... sms apaan nih.." gue sempet mikir juga sih, masa mama gue sms minta pulsa sih, buat apaan? kenapa gak nelepon ke rumah aja ke adek gue atau ke ci babeh langsung. Lagipula nomer pengirim sms dengan nomer yang minta di isi beda? Dan yang lebih pentingnya lagi mama gue kan kagak punya hape..

"Waahh... berarti ini sms emang kagak bener."

Gue diemin ajja tuh sms.



*SMS KEDUA :

Dari : +6285215308745

PT.CENTRAL CELL Cari Agen M.KIOS all operator Harga V.5=4500 V.10=8500 V.20=18500 INGIN BERGABUNG Ketik: AGEN#NAMA#KOTA#No HP Kirim sms ke 085211435004



Mungkin buat orang yang sedang berbisnis pulsa atau punya counter hp atau juga yang memanfaatkan fasilitas isi ulang pulsa buat hp sendiri sedikit tergiur dengan isi dari sms tersebut. Gimana tidak tertari coba? Untuk V.10 hanya dijual Rp 8.500,- sedangkan rata-rata harga buat agen yang ditawarkan paling murah yang gue tau untuk saat ini di atas Rp 9.800 an ( rata-rata di atas 10 rb, di bawah 10 rb masih terlalu jarang )

Buat yang menginginkan keuntungan maksimal, pasti akan tergiur karena penawaran harganya yang tidak umum di pasaran. Tapi jangan langsung percaya karena modus seperti ini gax jauh beda dengan tipeng-tipengan. Coba aja alamatnya enggak jelas begitu.

"Kalo dia nya ngasih alamat situs gimana?"

Kita juga mesti hati-hati, karena bisa saja website atau situs yang dia bangun merupakan salah satu mediasi penipuan juga biar kita menjadi tambah percaya. Karena kasus penipuan situs agen pulsa seperti ini pernah terjadi waktu jaman-jamannya peluang usaha pulsa all operator lagi marak.



*SMS KETIGA :

Ini bpk lg pinjam Hp orang,tlong beli'in bpk pls 50rb k nomor ini 085241544439, bpk lg ada mslh d kntr polisi.jgn d tlp/sms dl,nnti bpk yg tlp,skrg pnting.


Sms nya gak jauh beda sama sms yang mama minta pulsa. Capee deeh...!!!

Buat kamu-kamu yang cukup gerah sama aksi-aksi seperti ini ada yang namanya layanan pengaduan Telkomsel.

PT Telekomunikasi Selular ( Telkomsel) berusaha untuk meminimalisir dan melaporkan modus penipuan tersebut dengan membuka layanan pengaduan ke nomor 1166 melalui ponsel pengguna. Dari laporan itu, Telkomsel akan meneruskannya ke polisi.

”Layanan ini gratis dan hanya untuk pelanggan Telkomsel,”

nomor pengaduan itu memudahkan pelanggan dan melaporan maraknya penipuan melalui pesan singkat yang sering kali terjadi. Seluruh laporan pengaduan melalui layanan ini akan menjadi dasar tindak lanjut terhadap nomor yang dilaporkan.

Untuk melaporkan pengaduan tersebut, pelanggan cukup menulis SMS dengan format Penipuan #nomor pengirim atau pelaku penipuan#sms isi penipuan.

Untuk penipuan terkait hadiah, dia meminta pelanggan menghubungi operator Telkomsel di 111 untuk pelanggan kartuHALO, 116 untuk Simpati dan kartu As dan 128 untuk pelanggan korporat. Sedangkan untuk pelanggan non telkomsel bisa menghubungi 0807 1 811 811 email ke cs@telkomsel.co.id.

Kalo buat operator kartu yang lain mungkin kamu bisa cari sendiri di Om Google.



*SMS KEEMPAT ( pas gue lagi kumpul sama keluarga ):

Ini bpk lg pinjam Hp orang,tlong beli'in bpk pls 50rb k nomor ini 085241544439, bpk lg ada mslh d kntr polisi.jgn d tlp/sms dl,nnti bpk yg tlp,skrg pnting.


"Huuh.... isinya masih sama kayak sms yang ketiga."

Tapi buat sms yang terakhir ini gue sempet membalasnya. Nah isinya seperti ini...

Sms Gue : "Pah lagi ngapain di kantor polisi"
Sms Palsu : "Papa lagi ada masalah, kirimin pls skg"
Sms Gue : "Lho kl bpk lg dkantor polisi...trus yg lg disebelah gue siapa...??"


0 komentar: