31 Juli 2009

Antara Fajar And Senja



Fajar adalah Peralihan Malam menjadi Siang
Fajar adalah Bergantinya Gelap menjadi Terang
Fajar adalah Permulaan terbitnya matahari
Fajar adalah Secercah harapan dari Ufuk Timur
Fajar adalah Sebuah nama yang pernah jadi temen gue waktu SMP

Senja adalah Saat matahari mulai meninggalkan bumi
Senja adalah Peralihan Siang menjadi Malam
Senja adalah warning bagi bulan
Senja adalah Bikin Hoki buat Penulis Pipiet Senja


Menurut Kamu gambar diatas itu waktu Fajar atau Waktu senja..?

Jawabannya: yaa..bisa Fajar..bisa Senja... karena keduanya merupakan transformasi peralihan waktu. Kadang keduanya tidak bisa dibedakan dan hal ini pernah menimpa diri gue.


Disaat menyambut datangnya pagi dan menunggu hadirnya matahari diufuk timur. Gue yang katanya cakep kalo bangun tidur ini (maklum tuh orang masih pada rabun matanya kalo pagi hari)sedang setia menanti sinarnya diteras atas rumah.

Gue jadi teringat kisah gue waktu masih SMP di Depok. Saat dimana Fajar dan Senja tak dapat dibedakan ama gue. Hanya Kehidupanlah yang membuat gue menjadi tersadar
Dan inilah kisah Dhika Jr.(junior)


Waktu itu Dhika Jr. pulang sekolah agak siang. Mungkin karena kecapean sekitar pukul tiga sore Dhika jr. memutuskan untuk tidur siang. "Gue kagak inget waktu itu mimpi atau enggak," tapi yang pasti sepertinya waktu itu dhika Jr. sangat menikmati tidurnya.

"Hooaaahh...." uap Dhika Jr. terbangun dari tidurnya.
Udah gitu tidur lagi sambil meluk guling.
Gak lama sih tahap duanya, setelah semua nyawanya terkumpul sambil sedikit ngulet-ngulet, Dhika Jr. lalu bangun dari tidurnya.
Dilihatnya Jam menunjukkan pukul setengah enam. Dhika Jr. lalu memutuskan keluar dari kamarnya dan duduk diruangan tamu melihat hari yang semakin senja.


"Mah..tuh pa2h mo kmana?" tanya Dhika Jr. yang melihat bapaknya pake baju kantor.
"Ya..kerja..lah!" jawab Ibu datar.
"Oh..berangkat kerja lagi, malem donk pulangnya," ujar dhika Jr. yang memperkirakan bapaknya bakalan pulang malem kalo berangkat lagi kekantor jam segini, tumben kerja lagi jam segini.
"Biasanya juga malem kalo pulang, masih ngelindur yah!" selanya. Dhika Jr hanya cuek bebek sambil duduk bersandar menghadap kejalan. Dilihatnya anak SMP sama anak SD yang jadi perhatiannya saat itu. "Duh tuh anak SD jam segini baru pulang sekolah," guman Dhika Jr.

"Dhiik...kamu belum mandi!" teriak ibunya yang melihat Dhika Jr. yang sedang duduk santai.
"Ntar ah jam enam!"
"Nyantei banget, mandi sana! Ntar kesiangan loh kesekolahnya!" lanjut Ibu Dhika Jr.
"Buruan sana mandi, berangkatnya bareng sama pa2h," sela bapaknya ikut nimbrung sambil menikmati secangkir kopi.

Dhika Jr. bingung apa yang sebenarnya sedang terjadi. Oh..apakah dunia ini sudah terbalik, apakah ini tanda-tandanya mau kiamat. "Oh..tidak padahal gue belum kawin.." (Huh..padahal sampe sekarang juga belom kawin..he3)

"Mah, emangnya sekarang jam berapa gitu?" tanya Dhika Jr. penasaran.
"Jam enam pagi!"
"PAAGIII....!" pekik Dhika Jr. seakan tak percaya. "Masa pagi sih?"
"Pah..bukannya sore sekarang?" tanya Dhika Jr. kini kepada bapaknya.
"Pagi..lah, coba aja liat keluar!"
Dhika langsung keluar rumah melewati pagar. Dilihatnya langit yang redup. "Bener nieh udah pagi?" Dhika Jr. masih belum percaya.
"dek..mau sekolah?" tanya Dhika Jr. keseorang anak SD yang lewat.
"Iya, kan pake seragam!" jawabnya polos. Huh..pertanyaan bodoh yang gue lontarkan.

Akhirnya Dhika memutuskan untuk mandi saja dulu. Melihat hari yang bukannya gelap tapi malah semakin terang, menguatkan keyakinannya kalo nih hari emang bener udah pagi.
"Busyeet dah, berarti waktu gue tidur jam tiga sorean, bangun-bangun udah fajar. Maghrib ama malem dilewat," guman Dhika Jr. Mirip kebo aja tidurnya...
Biarin ah..kan waktu itu masih anak-anak...lagi lucu-lucunya...He3

Yah...yang pasTi ituLah saat-saaT dmana gue nggak bisa ngebedain mana Fajar dan mana senja.

0 komentar: